Paket Wisata Jogja 1 Hari ~ Tour Jogja Sehari

Paket Wisata Jogja 1 Hari ~ Siapa yang tak mengenal Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Pegunungan yang menyimpan sejuta pesona indah mahakarya Tuhan yang tak ada tandingannya. Di kalangan traveler, kawasan pegunungan Menoreh ini terkenal dengan wisata alam yang cantik dan eksotis. Seperti, air terjun, goa, puncak bukit yang menawarkan gardu pandang unik, serta tepi tebing yang dimanfaatkan sebagai wisata dengan spot foto yang instagenic. Liburan di jogja akan terasa buat baper dengan mengikuti program Paket Wisata Jogja Sehari dari Royalindowisata.

Beragam destinasi wisata di kawasan tersebut, sangatlah menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika banyak wisatawan yang selalu ramai mengunjungi tempat-tempat wisata Kulonprogo. Beberapa wisata, di antaranya juga menyimpan sejuta cerita sejarah yang wajib kita ketahui. Dijamin, akan membuat Anda semakin kagum dengan wisata tersebut. Tersedia banyak pilihan Paket Tour Jogja 1 Hari di website kami.

Paket Wisata Jogja 1 Hari

Salah satunya adalah Puncak Suroloyo. Banyak orang mengira, bahwa puncak ini menjadi destinasi wisata Kulonprogo, karena memang nenyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Namun, siapa sangka, jika wisata Puncak Suroloyo ini menyimpan cerita sejarah masa lalu, pastinya berhubungan dengan Kota Jogja di masa lampau.

Mau tahu lebih banyak tentang cerita Puncak Suroloyo? Mari cari tahu di sini!

Itinerary jogja 1 hari : Lokasi Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo ini lokasinya berada di Dusun Keceme, Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Bagi Anda yang sedang berwisata di Kalibiru, ada baiknya jika Anda mampir ke Puncak Suroloyo ini. Dalam waktu tempuh sekitar 1 jam, Anda akan sampai di lokasi puncak tersebut. Rute jalan yang bisa Anda lalui adalah dari Kalibiru melewati daerah Clereng, kemudian melewati daerah Girimulyo – Nanggulan, hingga tiba di kawasan Suroloyo.

Untuk mencapai lokasi puncak tersebut, Anda akan melewati jalur jalan yang mudah di daerah Pasar Jalan. Namun, setelah itu Anda akan menjumpai jalanan dengan medan yang berat. Berupa tanjakan dan kelokan yang tajam. Oleh karena itu, tetap waspada dan hati-hati.

One day trip Jogjakarta untuk Fasilitas Puncak Suroloyo

Di area wisata puncak tertinggi ini, sudah disediakan fasilitas berupa toilet, mushola, dan warung-warung kecil milik masyarakat sekitar yang menjajakan makanan dan minuman. Namun, ada baiknya jika Anda membawa bekal sendiri untuk berjaga-jaga jika warung tersebut tidak buka. Untuk masuk ke Puncak Suroloyo, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Murah, bukan? Apalagi ikut program One Day Tour Jogja dijamin makin seru,

Paket Wisata Jogja Sehari

Sumber : instagram / Satrio Ponco Utomo

Paket Tour Jogja 1 Hari : di Daya Tarik Puncak Suroloyo

Puncak ini merupakan puncak tertinggi pada barisan Pegunungan Menoreh. Berada di ketinggian 1019 meter dpl. Juga merupakan primadona wisata puncak bukit di Kulonprogo. Dari puncak Suroloyo ini, Anda bisa menikmati pemandangan indah alam pegunungan Menoreh sekaligus penampakkan kawasan Jogja, Magelang bahkan Candi Borobudur.

Puncak tertinggi ini juga menyuguhkan pemandangan gunung-gunung Jawa Tengah, seperti Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Ungaran. Akan tampak jelas gagahnya dan tampak jelas di saat cuaca sedang cerah.

Menariknya, puncak ini menjadi tempat berlangsung upacara adat khas Jawa seperti upacara jamasan pusaka tombak Kyai Manggolo Murti dan Sonsong Manggolo Dewo yang diadakan di Sendang Kawidodaren, jaraknya sekitar 300 meter dari puncak Suroloyo.

One Day Tour Jogja : Sepenggal Cerita dari Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo ini menyimpan cerita sejarah yang tidak banyak orang ketahui. Menurut sejarahnya, puncak ini erat kaitannya dengan Kerajaan Mataram Islam. Pada jaman itu, Sultan Agung Hanyokrokusumo yang dulunya bernama Mas Rangsang, mendapatkan sebuah wahyu atau petunjuk untuk berjalan ke arah barat. Sultan ini kemudian berjalan dari Keraton Kotagede.

Sultan Agung memenuhi petunjuk tersebut, hingga di puncak Suroloyo. Karena lelah berjalan jauh, akhirnya beliau istirahat dan kembali mendapatkan petunjuk untuk membangun sebuah tempat pertapaan di lokasi beliau berhenti. Hal tersebut kemudian beliau lakukan agar bisa menjadi penguasa tanah Jawa yang adil lagi bijaksana. 

One Day Tour Jogja

Sumber : google

Paket Wisata Jogja 1 Hari Puncak Suroloyo ini merupakan salah satu spot untuk menikmati sunrise dan sunset dari atas bukit. Jika Anda sedang beruntung, Anda akan mendapatkan pemandangan cantik berupa kabut putih yang turun menyelimuti puncak bukit di pagi hari. Jangan lewatkan kesempatan tersebut, berposelah untuk difoto. Hasil foto Anda akan terkesan berada di negeri di atas awan. Tidak percaya? Buktikan saja! Panorama sunset juga tidak kalah cantik, buat Anda pemburu sunset wajib sekali menikmatinya dari atas puncak Suroloyo ini.

Sesampainya di area Puncak Suroloyo ini, Anda akan disapa oleh beberapa patung Punokawan dekat dengan area parkir. Kedatangan Anda akan disambut dengan wangi bunga pada tanaman kopi. Juga udara yang sejuk khas pegunungan akan membelai lembut. Sesampainya di atas puncak, Anda akan disuguhi pemandangan yang cantik berupa hamparan hijau area persawahan penduduk, berbentuk terasiring, menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Nah, buat Anda yang tertarik untuk mengunjungi Puncak Suroloyo ini, kami punya sedikit tips untuk Anda.  Datanglah ketika musim kemarau tiba dan pilihlah Paket Wisata Jogja 1 Hari Karena pada musim ini, kabut tak sering turun. Sehingga, Anda bisa menikmati pemandangan yang disuguhkan dengan jelas. Untuk mencapai puncak Suroloyo, Anda harus berjalan melewati tangga. Rasa lelah Anda akan terbayarkan oleh pemandangan di sekitar ketika sudah mencapai puncak. Pemandangan malam hari tak kalah cantik dengan pemandangan di pagi hari. Anda bisa melihat ribuan bintang yang berpendar. Bintang tersebut merupakan lampu-lampu permukiman.

Tour Jogja Sehari

Sumber : instagram / ihsanudn

Di area puncak Suroloyo ini juga terdapat patung Bathara Guru atau yang sering disebut sebagai Dewa Siwa dalam agama Hindu.  Dewa Siwa ini menaiki seekor lembu Andini. Patung tersebut menghadap ke arah dataran luas, pastinya juga memiliki arti tersendiri.

Nah, itu dia ulasan singkat tentang puncak tertinggi di pegunungan Menoreh, yaitu Puncak Suroloyo. Bagaimana? Tertarik untuk menikmati panorama Jogja, Magelang dan sekitarnya dari puncak ini? Yuk ajak kawan-kawan untuk menikmati indahnya pemandangan di Puncak Suroloyo. Akses menuju pegunungan Menoreh, memang terkenal dengan tikungan dan jalan menanjak yang tajam. Jika Anda belum mahir menaklukan jalanan seperti itu, Anda bisa mengikuti One Day Tour Jogja

Ada banyak agent travel yang menawarkan jasa paket wisata jogja 2 hari untuk liburan di Jogja. Selama perjalanan liburan, Anda akan ditemani dan diantar oleh driver yang berpengalaman dan professional. Mereka mampu menaklukan segala medan jalan. Tunggu apalagi? Mari kunjungi Puncak Suroloyo, dan rasakan pengalaman seru, berdiri di puncak tertinggi di Kulonprogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *